Pengaruh Promosi dan Online Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi kasus pada UMKM Tas Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada umkm tas di Desa Bojong Rangkas Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Online Marketing terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada UMKM tas Desa Bojong Rangkas Kec. Ciampea, Kab.Bogor). Penelitian dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 40 sebagai sampel untuk mendapatkan responden dari umkm tas Desa Bojong Rangkas. Hasil analisis pada penelitianĀ ini menggunakan aplikasi SPSS dengan hasil analisis regresi Y= 0,646 + 0,665X1 + 0,298X2 , variabel X sebesar 0,665 dan variabel X2 sebesar 0,298. Ini menunjukkan pengaruh bahwa Promosi dan Online Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,759. nilai F hitung lebih besar dari nilai F-tabel (58,310 > 3,24) maka dapat disimpulkan adamya pengaruh secara positif dan signifikan antara variabel Promosi (X1) danĀ online marketing (X2) secara stimulant terhadap variabel keunggulan bersaing (Y).