Pengaruh Tekanan Pengepresan Terhadap Sifat Mekanis Wood Plastic Composite (WPC) Campuran Recycle HDPE Dan Serbuk Gergaji Kayu

Main Article Content

Roy Waluyo Anton Royanto Ahmad Sumadi . Andi Nurrachmad

Abstract

Dalam penelitian ini telah dilakukan pembuatan komposit kayu plastik (wood plastic composite).  Pembuatan wood plastic composite (WPC) dilakukan dengan memanfaatkan limbah plastik dan serbuk gergaji kayu (SGK). Jenis plastik yang digunakan adalah HDPE. Dan serbuk gergaji yang digunakan adalah serbuk gergaji kayu kelapa. Material lain yang ditambahkan secara konstan adalah serat serabut kelapa (SSK) sebanyak 2%. Proses pembuatan menggunakan proses hot press dengan memvariasikan tekanan pengepresan yaitu sebesar 50kg, 75kg dan 100 kg. Ukuran sampel adalah 20mm x 60mm x 10mm. untuk mengetahui sifat mekanis sampel, dilakukan pengujian tarik dan pengujian impak. Pengujian tarik mengikuti standar ASTM D639 dan pengujian impak mengikuti standar ASTM D6110. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh variasi tekanan pengepresan terhadap sifat mekanis (kekuatan tarik dan impak) dari WPC. Hasil pengujian menunjukan, kekuatan tarik dan impak meningkat seiring bertambahnya tekanan pengepresan. Kekuatan tarik dan impak maksimum terdapat pada beban 100 kg atau pada tekanan 4.5 kg/cm2, dengan nilai kekuatan tarik sebesar 10 MPa dan kekuatan impak sebesar 0.276 Joule/mm2.

Article Details

How to Cite
WALUYO, Roy et al. Pengaruh Tekanan Pengepresan Terhadap Sifat Mekanis Wood Plastic Composite (WPC) Campuran Recycle HDPE Dan Serbuk Gergaji Kayu. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/633>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles