Simulasi PhET SEBAGAI Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik di Sma Taruna Terpadu Bogor

Main Article Content

Yeni Raini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas dari peserta didik pada penerapan platform PhET sebagai media pembelajaran materi struktur atom dan sistem   periodik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 6 MIPA 6 di SMA Taruna Terpadu Bogor. Instrument yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test, lembar observasi dan angket respon peserta didik. Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif One to One Evaluation, Small Group Evaluation dan Field Evaluation. Penelitian  dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan masing-masing rentang waktu 2 x 45 menit setiap pertemuan dan diamati oleh 1 orang observer. Selama penelitian peserta didik dilatih mengoperasikan platform PhET oleh peneliti dan guru menjelaskan materi Struktur Atom dan Sistem Periodik  menggunakan media PhET di kelas. Kemudian pada akhir kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan posttest dan pembagian lembar angket respon peserta didik setelah menggunakan media PhET. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) ketuntasan yang didapat dari hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan mendapat persentase ketuntasan sebesar 75%, (2) aktivitas peserta didik selama pembelajaran Struktur Atom dan Sistem Periodik  menggunakan media PhET tergolong dalam predikat sangat aktif dengan ditunjukkan persentase aktivitas peserta didik yang relevan sebesar 92,59% sedangkan yang tidak relevan sebesar 7,41%, dan (3) setelah menggunakan media PhET dalam pembelajaran Struktur Atom dan Sistem Periodik respon peserta didik adalah 91,6% dikatakan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka penggunaan PhET sebagai media pembelajaran pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik  terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dengan kategori baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran sangat aktif dan respon peserta didik baik.

Article Details

How to Cite
RAINI, Yeni. Simulasi PhET SEBAGAI Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik di Sma Taruna Terpadu Bogor. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/628>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles