Implementasi Metode GREEDY BEST FIRST SEARCH untuk Penjadwalan Perkuliahan (Studi Kasus: Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor)

Main Article Content

Yuggo Afrianto Novita Br Ginting

Abstract

Penjadwalan perkuliahan menjadi salah satu masalah bagi Fakultas Teknik dan Sains. Dalam perancanaan proses pembelajaran program studi membutuhkan suatu mekanisme yang dapat memudahkan dalam proses penjadwalan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan algoritma pencarian heuristic untuk permasalahan penjadwalan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah greedy best first search. Data constraint yang digunakan adalah Waktu, Ruangan, Rombongan Belajar. Hasil dalam penelitian ini adalah metode greedy best first search dapat menjadwalkan perkuliahan dengan mencoba memenuhi harapan dari Dosen seperti waktu, ruang kelas, matakuliah dan angkatan Mahasiswa. Penelitian selanjutnya model penjadwalan ini dapat diterapkan ke dalam suatu aplikasi sistem informasi penjadwalan.

Article Details

How to Cite
AFRIANTO, Yuggo; BR GINTING, Novita. Implementasi Metode GREEDY BEST FIRST SEARCH untuk Penjadwalan Perkuliahan (Studi Kasus: Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor). PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/625>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles