ANALISIS PROGRAM PEMELIHARAAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN DATA KONDISI VISUAL DAN KONDISI STRUKTURAL (Studi Kasus: Jalan Lintas Timur Sumatera Segmen Batas Provinsi Lampung-Batas Provinsi Jambi) ANALISIS PROGRAM PEMELIHARAAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN DATA KONDISI VISUAL DAN KONDISI STRUKTURAL (Studi Kasus: Jalan Lintas Timur Sumatera Segmen Batas Provinsi Lampung-Batas Provinsi Jambi)

Main Article Content

Rulhendri . Eri Susanto Hariyadi

Abstract

Penelitian ini menggambarkan bagaimana program pemeliharaan jalan disusun dengan menggunakan data kondisi visual yang berupa kerusakan permukaan jalan dan data kondisi struktural yang berupa lendutan hasil pengujian falling weight deflectometer. Ruas Jalintim Sumatera pada segmen batas propinsi Lampung dan batas propinsi Jambi sepanjang 377 km dijadikan wilayah studi. Dari data visual didapat kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan parameter Surface Distress Index (SDI) dan dari data lendutan didapat kondisi perkerasan jelan dengan menggunakan parameter Structural Condition Index (SCI). Kondisi kerataaan permukaan jalan dari hasil survey roughness dengan menggunakan parameter IRI juga dijadikan parameter untuk dua jenis kondisi tersebut. Dengan kombinasi kriteria IRI-SDI dan kriteria IRI-SCI didapat masing-masing program pemeliharaan yang berbeda. Kombinasi kriteria IRI-SDI dengan didapatkan hasil Pemeliharaan Rutin 29.6%, Pemeliharaan Berkala 19.8% dan Peningkatan sebesar 50.5%. Dari hasil persentase jenis program didapat setengah dari panjang ruas jalan wilayah studi menunjukkan jalan harus dilakukan peningkatan atau penanganan struktural. Analisis kemudian dikembangkan dengan melakukan variasi ambang batas nilai SCI untuk melihat sejauh mana kesamaan program pemeliharaan yang didapatkan. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa ambang batas nilai SCI sebesar 0.7 menghasilkan program pemeliharaan yang hampir sama antara dua jenis kombinasi kriteria pemeliharaan perkerasan jalan tersebut.

Article Details

How to Cite
., Rulhendri; HARIYADI, Eri Susanto. ANALISIS PROGRAM PEMELIHARAAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN DATA KONDISI VISUAL DAN KONDISI STRUKTURAL (Studi Kasus: Jalan Lintas Timur Sumatera Segmen Batas Provinsi Lampung-Batas Provinsi Jambi). PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], p. 100-110, jan. 2013. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/36>. Date accessed: 15 aug. 2022.
Issue
Section
Articles