Implementasi IMPLEMENTASI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DEMI MENINGKATKAN HERD IMMUNITY DI WILAYAH GG. PELITA II, KELURAHAN KAMPUNG BARU, KECAMATAN MEDAN MAIMUN, KOTA MEDAN DALAM BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT

  • Muhammad Syahputra UIN Sumatera Utara
  • Nurul Harvirna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riski Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
  • Shindy Pramita Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kebijakan vaksinasi Covid-19, ditemui factor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasinya di kota Medan, khususnya daerah Kampung Baru. Serta menjelaskan bagaiman perspektif masyarakat setempat dalam memandang fungsi negara dan pemerintah pada vaksinasi Covid-19. Vaksinasi tidak hanya untuk memutus mata rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah saja, tetapi juga dalam jangka panjang untuk memusnahkan penyakit itu sendiri. Sejauh ini lebih dari 40 perusahaan farmasi dan lembaga akademis di seluruh dunia telah meluncurkan program pengembangan vaksin mereka melawan SARs-CoV-2. Untuk tahap pertama Pemko Medan menerima 20.000 vaksin Covid-19 yang dikhususkan kepada tenaga medis hingga bertahap ke amsyarakat. Tahap kedua, Pemko Medan menerima 96.000 vaksin Covid-19 yang ditujukan kepada petugas layanan public termasuk Aparatur Sipil Negara, dan lain sebagainya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data deskriptif dengan teknik pengumpulan data melakukan studi kepustakaan.

Published
2022-01-03
How to Cite
SYAHPUTRA, Muhammad et al. Implementasi IMPLEMENTASI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DEMI MENINGKATKAN HERD IMMUNITY DI WILAYAH GG. PELITA II, KELURAHAN KAMPUNG BARU, KECAMATAN MEDAN MAIMUN, KOTA MEDAN DALAM BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 212-219, jan. 2022. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/991>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.32832/pkm-p.v5i2.991.