Pendidikan, Agama, Sosial Membangun Moderasi Beragama Melalui Kajian Keislaman Pada Kalangan Generasi Muda di Desa Bandar Khalipah Dusun IX Tembung

  • Mufidatul Husna Siregar Mahasiswi
  • Desti Ramadayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
  • Fauzi Arif Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
  • Muhammad Ardiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Bandar Khalifah Dusun IX dengan sampel yang diamati yaitu masyarakat dari kalangan generasi muda. Penelitian ini dilakukan saat Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tujuan penelitian yaitu, mengetahui dan membangun moderasi ummat beragama melalui kegiatan kajian keislaman. Metode dalam penelitian ini mengunakan metode PAR (Participatory Action Research), dan metode wawancara dengan lama penelitian yaitu selama kegiatan KKN 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya, moderasi ummat beragama di Desa Bandar Khalipah cukup kuat dengan mayoritas penduduk beragama islam. Namun, hal ini tidak menunjukkan kenarkisan dan tetap toleran antar ummat bergama di Desa tersebut. Membangun moderasi ummat beragama melalui kegiatan kajian keislaman menghasilkan suatu pemikiran yang lurus dan tetap mengedepankan nilai-nilai pancasila sebagai nilai dalam beragama, berbangsa, dan berbudaya.

Published
2021-12-14
How to Cite
SIREGAR, Mufidatul Husna et al. Pendidikan, Agama, Sosial Membangun Moderasi Beragama Melalui Kajian Keislaman Pada Kalangan Generasi Muda di Desa Bandar Khalipah Dusun IX Tembung. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 194-202, dec. 2021. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/986>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.32832/pkm-p.v5i2.986.