PERAN GURU TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN JAUH DI TENGAH COVID-19 DI MTsN BINJAI

  • Mellysa Pristika Nanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Andi Pratama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Melly Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Toni Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Peran guru dalam aktivitas pemberian pembejalaran di sekolah sengat berpengaruh besar, karena setiap pembelajaran yang terjadi di kelas merupakan hasil dari peran guru dalam mengajar. Pada keadaan tatap muka, mungkin ini adalah hal yang biasa dan tidak terlalu membuat pusing. Akan tetapi, berbeda jika keadaan menjadi tidak normal, disebabkan pengaruhnya pendemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini perlu dipersiapkan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Karena kurangnya pemahaman belajar di kalangan siswa, belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kurangnya peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah, yang dapat mengakibatkan turunnya pemahaman siswa khususnya di kalangan anak-anak di sekolah MT. Peran guru di sekolah masih sangat dibutuhkan karena anak sekolah MT masih belum memahami apa yang dilihat dan didengarnya. Telah dilakukan penelitian tentang fenomena ini yang bertujuan untuk menggali peran guru di kelas dalam menciptakan model pembelajaran baru dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh (online).

Published
2021-08-26
How to Cite
NANDA, Mellysa Pristika et al. PERAN GURU TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN JAUH DI TENGAH COVID-19 DI MTsN BINJAI. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 123-129, aug. 2021. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/948>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.32832/pkm-p.v5i1.948.
Section
Artikel