PEMBUATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PERUMAHAN BUKIT MEKAR WANGI KECAMATAN TANAH SAREAL KOTA BGOR

Main Article Content

Herawati Sri Septina Abdul Karim Halim

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat atau dikenal dengan singkatan TBM adalah perpustakaan skala kecil yang dikenal sebagai sudut baca, rumah baca, rumah pintar, dan sebagainya. TBM bukan sekedar tempat belajar, tapi juga harus menjadi motor penggerak aktivitas sosial. TBM diperlukan sebagai tempat belajar yang lebih menyenangkan, dan diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk para siswa tetap belajar dimasa pandemi Covid19. Secara umum tujuan berdirinya Taman Bacaan Masyarakat adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan memperoleh bahan bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan ( field research) yaitu mengadakan pengamatan secara langsung untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Perumahan Bukit Mekar Wangi dibuat dengan beberapa program kegiatan yang ada. Pertama, Program Literasi, yang isi kegiatannya adalah pelatihan kepenulisan cerita khusus untuk anak-anak. Kedua, Program Mendongeng dengan aktifitas mendengar dan menyimak cerita yang dibacakan oleh tutor yang  ada. Kegiatan mendongeng ini dapat membantu orangtua yang kesulitan dalam mengatur dan meminimalisir aktifitas penggunaan gadget pada anak-anak dirumah. Ketiga, Perpustakaan Kebun yang dapat menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat melalui informasi yang rinci dan mendalam tentang tanaman, pohon atau tumbuhan yang ada disekitar TBM. Kuliah Kerja Nyata Gagasan tertulis Mandiri yang kami laksanakan di tempat tersebut mencoba memberikan sedikit peran, melalui sumbangan pemikiran dalam bentuk Gagasan tertulis untuk diterapkan pada aktititas kelompok mereka dan sekaligus kami membuatkan Kawasan Demontrasi Plot pada Lahan Kawasan Terbuka Hijau yang ada pada lingkungan mereka. 

Article Details

How to Cite
SRI SEPTINA, Herawati; KARIM HALIM, Abdul. PEMBUATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PERUMAHAN BUKIT MEKAR WANGI KECAMATAN TANAH SAREAL KOTA BGOR. PKM-P, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 171-177, dec. 2020. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/743>. Date accessed: 23 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i2.743.
Section
Artikel