EFEKTIVITAS MEDIA APLIKATIF DALAM PEMBELAJARAN AKSARA “KA GA NGA” SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL SUKU REJANG BENGKULU UTARA

Main Article Content

Pahlawan . Sutejo Prabowo Muhammad Mudzofar Akbar Marfu’ Alam R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan media aplikatif pada pembelajaran aksara Rejang “Ka Ga Nga” dan sebagai upaya pelestarian kearifan lokal aksara dari Suku Rejang di Kabupaten Bengkulu agar dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dilatarbelakangi karena pembelajaran aksara Rejang “Ka Ga Nga” masih dianggap sulit, dan dalam proses pembelajaran di sekolah masih konvensional yaitu focus dengan buku. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga “Ka Ga Nga” menjadi pembelajaran yang membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research. Memiliki tahapan yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) analisis masalah beserta faktor penyebabnya, (3) formulasi pemecahan, (4) pencarian data pendukung, (5) formulasi aksi, dan (6) evaluasi. Diharapkan melalui penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajran aksara Rejang “Ka Ga Nga” khususnya di Sekolah Dasar Bengkulu Utara. Luaran dari PKM-P SH ini adalah berupa buku panduan pembelajaran dan publikasi ilmiah berbentuk artikel.

Article Details

How to Cite
., Pahlawan et al. EFEKTIVITAS MEDIA APLIKATIF DALAM PEMBELAJARAN AKSARA “KA GA NGA” SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL SUKU REJANG BENGKULU UTARA. PKM-P, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2018. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/211>. Date accessed: 17 sep. 2019.
Section
Artikel