PENERAPAN METODE AL-MUYASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELAUI PENGENALAN MAKHORIJUL HURUF PADA ANAK TINGKAT SD DI KAMPUNG GUNUNG KONENG DESA JAYARAHARJA

  • Abdul Azis Universitas Ibn Khaldun
  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode al-muyyasar dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui pengenalan Makhorijul Huruf pada anak Tingkat SD di Kampung Gunung Koneng Desa Jayaraharja dan apakah ada peningkatan kemampuan membaca Al-qur’an dengan baik setelah menggunakan Metode al-muyyasar. Metode al-muyyasar adalah metode yang disusun secara “aplikatif dan menyenangkan”. Dan metode ini juga menggunakan “nada/irama” yang khas dalam mengenalkan atau mempraktekan bacaan dari setiap huruf nya. Adapun metode yang dipakai terkait penelitian ini adalah metode dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) yang mana hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode al-muyyasar dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an melalui pengenalan Makhorijul Huruf pada anak tingkat SD di Kampung Gunung Koneng Desa Jayaraharja. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak tingkat SD di Kampung Gunung Koneng Desa Jayaraharja penulis menerapkan metode al-muyyasar dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode al-muyyasar merupakan suatu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang pengajarannya langsung pada penekanan latihan membaca Makhorijul Huruf dengan menggunakan buku panduan al-muyyasar. Dan metode al-muyyasar ini merupakan sebuah inovasi metode pembelajaran yang cukup efektif dan signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak tingkat SD di Kampung Gunung Koneng Desa Jayaraharja.

Published
2022-01-27
How to Cite
AZIS, Abdul; LISNAWATI, Santi. PENERAPAN METODE AL-MUYASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELAUI PENGENALAN MAKHORIJUL HURUF PADA ANAK TINGKAT SD DI KAMPUNG GUNUNG KONENG DESA JAYARAHARJA. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 11-18, jan. 2022. ISSN 2615-8019. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/1150>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.32832/pkm-p.v6i1.1150.
Section
Artikel