Metode Keteladanan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadis

  • Amri Azhari Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode keteladanan pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qur’an an Al-Hadits serta implementasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan Metode Riset perpustakaan dengan pendekatan Metode Maudhu’i: ialah dengan cara menghimpun sebahagian ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist-Hadits yang berkaitan langsung dengan masalah keteladanan. Yang pada akhirnya dapat disimpulkan masalah tersebut. Hasil riset ini menunjukkan ada beberapa ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits yang merupakan sebagai landasan normatif yang digunakan sebagai keteladanan dalam pendidikan Islam. Deskripsi normatif tersebut secara gamblang memberikan gambaran adanya keteladanan yang dicontohkan oleh para Nabi dan Rasul, lalu kemudian di fungsikan sebagai landasan dan acuan oleh praktisi pendidikan.


 

Published
2020-11-03
How to Cite
AZHARI, Amri. Metode Keteladanan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadis. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 145-156, nov. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/670>. Date accessed: 17 june 2021.