Metode Pembelajaran Kognitisme dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam

  • Muhammad Muslih Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pada dasarnya, apa yang dinamakan belajar dengan memahami konsep kognitif merupakan suatu sebuah metode dari upaya yang mengaitkan sebuah gerak laju pada diri manusia yang mengakibatkan aktifnya interaksi diri beserta lingkungan guna mendapatkan sebuah bentuk transformasi dalam hal wawasan, tingkah. Laku, pemahaman, keahlian serta nilai sikap relatif dan membekas. Menelaah konsep kognitif secara teori akan menitikberatkan aspek suatu proses pembelajaran, yaitu sistem yang ada pada pemikiran manusia guna menciptakan kapasitas (Creates the Capasity). Di jelaskan dalam teori pembelajaran kognitif lebih memfokuskan prosedur perubahan mental serta hasil dari perubahan struktur merupakan usaha agar dapat mengenal dunia. Dalam konsep kognitifisme dapat dimanfaatkan agar bisa menjelaskan beberapa hal paling sederhana, sebagai contoh menyimpan ingatan beberapa nomor, baik itu telepon maupun nomor kompleks sebagaimana penyelesaian yang tidak jelas dalam masalah tersebut. Ada empat prinsip dasar yang disandarkan dalam teori pembelajaran kognitif, keaktifan belajar guna usaha dalam mendapatkan sebuah pengalaman. Penafsiran bahwa dalam belajar mengelaborasi akan bergantung modal dasar yang mereka miliki. Mewujudkan sebuah pengetahuan dari catatan. Menuntut ilmu merupakan proses alih bentuk mental dari manusia.

Published
2020-11-03
How to Cite
MUSLIH, Muhammad. Metode Pembelajaran Kognitisme dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 125-135, nov. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/668>. Date accessed: 17 june 2021.