Metode Drill Dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • Noor Isna Alfaien Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode pembelajaran Drill dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan penelusuran pustaka. Hasil penelitian adalah Pertama, metode Drill merupakan praktik mengajar dengan memberikan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam menanamkan kebiasaan menganalisis tertentu, dengan tujuan seorang peserta didik mempunyai suatu keterampilan tertentu. Kedua, Metode Drill menekankan pada penguasaan ketangkasan dan keterampilan siswa dalam suatu materi yang disampaikan oleh guru. Ketiga, Metode pembelajaran Drill dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya adalah: (1) Berbagai tingkat kematangan dari peserta didik (2) Tujuan dari berbagai jenis dan fungsinya, (3) Situasi (berbagai keadaan), (4) Pengajar atau guru.

Published
2020-10-20
How to Cite
ALFAIEN, Noor Isna. Metode Drill Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 114-124, oct. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/661>. Date accessed: 17 june 2021.