Metode Pembelajaran Ceramah

  • Ridwan Wirabumi Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Abstrak


Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan yang wajib diperhatikan oleh semua pihak karena harkat dan martabat seseorang serta kemajuan peradaban suatu bangsa banyak bertumpu padanya. Sedang keberhasilan pendidikan banyak bergantung pada kesuksesan tenaga pendidik dalam menjembatani ilmu pengetahuan dengan para penuntutnya dengan metode pembelajaran yang digunakan. Dan Metode Ceramah adalah metode pembelajaran yang banyak digunakan dari generasi ke generasi dalam berbagai macam model pendidikan yang tentunya memiliki banyak kelebihan dan tidak sedikit pula kekurangannya. Maka peran sentral tenaga pendidik adalah mengoptimalkan sisi-sisi positifnya dan meminimalisir sisi-sisi negatifnya. Dan makalah ini mencoba menghimpun hal-hal yang terkait dengan metode ceramah sebagai salah satu metode pembelajaran yang umum digunakan, menganalisanya dari kunggulan-keunggulannya dan kelemahan-kelmahannya serta langkah-langkah apa saja yang harus diperhatikan oleh pengajar yang lazimnya mengambil metode ini dalam pembelajarannya agar proses transfer ilmu kepada peserta didik bisa lebih maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang harapannya bisa membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan generasi yang cemerlang.


Abstract


Education is an important aspect of life that must be considered by all parties. Because a person’s dignity and also the progress of a nation’s civilization depend on it. Whilst, the educational success mostly depends on the success of educators in bridging knowledge with students through the learning methods used. Lecture is one of the methods that is widely used from generation to generation in variety of education. It has many advantages as well as the disadvantages. Thus, the main role of educators is to optimize the positive sides and minimize the negative sides of the lecture methods. In this paper, all the important matters related to the lecture as one of the commonly used learning method is collected and analysed from its advantages and disadvantages. This should then be used by teachers who usually take this method in their teaching and learning activities to identify what are the important steps that need to be taken. Therefore, the process of transferring knowledge to students can be maximized in accordance with the learning objectives, which hopefully can help to educate and create bright young generations.


 

Published
2020-10-20
How to Cite
WIRABUMI, Ridwan. Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 105-113, oct. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660>. Date accessed: 17 june 2021.