Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam

  • Imron Baehaqi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Abstract

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menarik dan menggembirakan merupakan bagian daripada tugas dan peranan penting setiap pendidik. Sebabnya para guru atau pendidik dituntut untuk mengetahui dan memahami ragam metode pembelajaran yang akan dipraktikkan dalam mengajar. Tentu, penggunaan setiap metode tersebut harus sesuai dengan situasi dan kondisinya, terutama sesuai dengan tingkat anak didik yang diasuhnya. Metode perlombaan atau kompetisi adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar dan mengajar. Kajian ini menggunakan metode kualitatif yang hasilnya menunjukkan bahwa metode perlombaan dalam pembelajaran merupakan sebuah metode yang mampu memberi pengaruh positif terhadap suasana pembelajaran yang kondusif, menarik dan menggembirakan. Selain itu, kajian ini juga menemukan bahwa metode lomba dalam pembelajaran ini memiliki nilai filosofi yang sesuai dengan spirit ajaran Islam. Dengan kata lain, dalam khazanah Islam, perlombaan merupakan suatu kegiatan latihan yang terpuji dan dibenarkan. Bahkan terdapat riwayat yang menjelaskan bentuk-bentuk perlombaan yang dicontohkan oleh Nabi SAW.

Published
2020-10-06
How to Cite
BAEHAQI, Imron. Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-93, oct. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/609>. Date accessed: 17 june 2021.