Metode Pembelajaran Eksperimen dari perspektif Islam

  • Yoseph Salmon Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pembelajaran dengan metode eksperimen sangat kental dengan pembelajaran ilmu-ilmu eksak dan sains yang banyak dikembangkan oleh dunia Barat. Pengembangan dan eksplorasi yang berbasis sains dan teknologi hingga mencerminkan sosok seorang ilmuan yang handal. Peneliti sangat tertarik untuk mengkaji metode eksperimen ini dalam perspektif Islam. Pendekatan kualitatif deskriptif library reserch yaitu mencoba untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan erat dengan topik dan mencoba menggambarkan tentang metode pembelajaran eksperimen dari perspektif Islam. Penelitian dapat menggambarkan bahwa metode pembelajaran eksperimen dari perspektif Islam adalah pembelajaran dalam bingkai maqashid assyariah, kaidah usuliyah “adharuratu tubihul mahdhuraat” (Keadaan darurat dapat menghalalkan hal-hal yang dilarang) dan kaidah al-aslu fil mualamat al-ibahah (muamalat asalnya diperbolehkan hingga ada dalil yang melarangnya) dan eksperimen adalah bagian bab muamalat.

Published
2020-10-06
How to Cite
SALMON, Yoseph. Metode Pembelajaran Eksperimen dari perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 60-73, oct. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/608>. Date accessed: 17 june 2021.