Konsep Evaluasi Terhadap Hasil Pembelajaran

  • Respati Prajna Vashti Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Evaluasi pendidikan menjadi langkah yang tidak bisa dilewati oleh seorang pendidik. Melalui evaluasi hasil belajar, baik kurikulum, lembaga pendidikan, pendidik, dan peserta didik akan terlihat ketercapaian dari tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsep evaluasi terhadap hasil pembelajaran, serta korelasinya dalam pendidikan. Harapannya adalah evaluasi tidak hanya dilakukan dalam aspek pemahan terhadap ilmu pengetahuan saja, tetapi peserta didik memiliki akhlak/adab sebagai landasan berpikir dan berperilaku, pada saat di mana pun ia berada. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kajian pustaka (library research), dengan membaca, menganalisis dan menyimpulkan literatur yang relevan. Al-Qur’an menjelaskan istilah-istilah yang berkaitan dengan konsep evaluasi, seperti: Al-hisab, al-bala’, al-hukm, al-nazr, al-imtihan. Istilah-istilah tersebut juga bertujuan untuk Islah, tazkiyah, tajdid, al-dakhkil. Dengan memperhatikan proses evaluasi hasil belajar bagi pendidik, yaitu: memiliki sikap siddiq, amanah, objektif, dan adil.

Published
2020-10-01
How to Cite
VASHTI, Respati Prajna. Konsep Evaluasi Terhadap Hasil Pembelajaran. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-59, oct. 2020. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/604>. Date accessed: 17 june 2021.