Konsep Metode Berkisah Pada Pembelajaran Keluarga Di Masa Pandemic

  • Ruhiyat Ruhiyat Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Merebaknya pandemi COVID-19 di seluruh dunia khususnya Indonesia memberikan dampak besar terhadap berbagai aktivitas manusia, tak terkecuali aktivitas pendidikan dan kegiatan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran secara tatap muka di sekolah dihentikan sementara sejak bulan Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Aktivitas pendidikan dan pembelajaran diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ adalah kebiasaan baru yang memerlukan adaptasi, sehingga PJJ juga memberikan kontribusi pada meningkatnya stress dan kejenuhan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekaatan deskriptif kualitatif dengan cara menelaah fakta efek PJJ dan menggali potensi keluarga muslim untuk berinovasi mengembangkan metode pembelajaran berkisah. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pembelajaran berkisah dalam keluarga muslim mudah dilakukan dan diaplikasikan. Perlu penguatan dan komitmen semua anggota keluarga sebagai peserta didik dalam lingkungan keluarga.


Abstract


The outbreak of the COVID-19 pandemic throughout the world, especially Indonesia, had a dominant impact on various human activities, including educational activities and learning activities in schools. Face-to-face learning in schools has temporarily suspended since March 2020 until an undetermined time. Education and learning activities replaced by distance learning (PJJ). PJJ is a new habit that requires adaptation, so PJJ also contributes to increased stress and boredom in students. This study uses a qualitative descriptive approach by examining the facts of the effect of PJJ and exploring the potential of Muslim families to innovate in developing storytelling learning methods. The results showed that the concept of learning storytelling in Muslim families was easy to do and apply. Need strengthening and commitment of all family members as students in the family environment.

Published
2021-09-22
How to Cite
RUHIYAT, Ruhiyat; MUJAHIDIN, Endin. Konsep Metode Berkisah Pada Pembelajaran Keluarga Di Masa Pandemic. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2021. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/1054>. Date accessed: 27 june 2022.