Analisis Perbandingan Metode Pembelajaran Targhib Wa Tarhib Dengan Metode Pembelajaran Al Wa’du Wa Al Wa’id

  • Samsul Huda Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Dunia pendidikan saat ini tidak lepas dari hal-hal yang menimbulkan keberpihakan baik yang setuju atau tidak. Misalnya, metode pembelajaran yang cenderung seakan – akan melegalkan kekerasan sebagai dalih ancaman maupun hukuman dalam proses belajar mengajar ternyata bertentangan dengan undang-undang perlindungan anak di Indonesia saat ini. Namun dalam pendidikan Islam, menghukum dan memberikan peringatan ancaman dalam rangka proses pembelajaran diperbolehkan menurut hadits Nabi Muhammad SAW dan dengan beberapa ketentuan yang mengaturnya. Tindakan menghukum dan memberikan peringatan ancaman dalam pendidikan Islam sebenarnya tidak harus dilakukan secara fisik, melainkan sebagai konsekuensi terhadap perilaku yang bertujuan untuk membimbing, mengarahkan dan memotivasi peserta didik agar belajar berperilaku dan berakhlak lebih baik dan sesuai dengan amanah tujuan pendidikan. Hal ini merupakan bagian integral dari komitmen perbaikan atau peserta didik menyampaikan janji untuk memperbaiki hal-hal yang belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mempertegas perbandingan metode pembelajaran al wa’du wa al wa’id dan metode pembelajaran targhib wa tarhib sebagai metode dalam khasanah pendidikan islam yang tepat dalam membimbing, mengarahkan dan memotivasi peserta didik ke arah yang benar supaya menjadi manusia yang sesuai dengan harapan dan jera dalam berbuat kesalahan, namun masing – masing memiliki karistiristik, penelitian dilakukan dengan bentuk studi pustaka, bahan-bahan yang diperlukan dan berkaitan dengan metode pembelajaran al wa’du wa al wa’id dan metode pembelajaran targhib wa tarhib serta Pendidikan.


Abstract


The world of education today cannot be separated from things that lead to partiality, whether they agree or not. For example, learning methods that tend to seem to legalize violence as a pretext for threats or punishment in the teaching and learning process are contrary to the current child protection law in Indonesia. However, in Islamic education, punishing and warning threats in the context of the learning process is allowed according to the hadith of the Prophet Muhammad SAW and with some provisions that govern it. The act of punishing and warning of threats in Islamic education does not actually have to be done physically, but as a consequence of behavior that aims to guide, direct and motivate students to learn to behave and have better character and in accordance with the mandate of educational goals. This is an integral part of the commitment to improvement or students deliver promises to improve things that have not been implemented properly. This study aims to emphasize the comparison of learning methods al wa'du wa al wa'id and learning methods targhib wa tarhib as methods in the treasury of Islamic education that are appropriate in guiding, directing and motivating students in the right direction so that they become human beings in accordance with hope and deterrence in making mistakes, but each - each has its own characteristics, the research was carried out in the form of library research, the materials needed and related to the al wa'du wa al wa'id learning method and the targhib wa tarhib learning method and education.

Published
2021-09-22
How to Cite
HUDA, Samsul; MUJAHIDIN, Endin. Analisis Perbandingan Metode Pembelajaran Targhib Wa Tarhib Dengan Metode Pembelajaran Al Wa’du Wa Al Wa’id. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2021. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/1050>. Date accessed: 18 jan. 2022.