Analisis terhadap metode pembelajaran janji dan ancaman pada masa pandemi

  • Habibi Habibi 1Ibnu Taimiyah Islamic Boarding School
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran janji dan ancaman saat pembelajaran daring di masa pandemi. Selain itu untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode janji dan ancaman dalam pendidikan di masa pandemi covid 19 ini. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif yaitu studi kepustakaan dan dipadukan dengan studi kasus. Metode janji dan ancaman memilki kesamaan dengan metode targhib wa tarhib. Berbagai kendala yang dialami ketika proses belajar dengan daring ini, seperti jaringan, kuota, tidak memiliki Hp dan kendala lainnya. Selain itu, belajar di masa pandemi seperti ini kolaborasi antar guru, orang tua dan murid mutlak diperlukan. Kalau tidak ada kerjasama yang baik antara tiga komponen ini maka belajar daring anak akan menjadi pincang. Metode ini kurang tepat untuk diterapkan dimasa pandemi khususnya metode ancaman. Untuk lebih efektifnya penggunaan metode ini perlu ada pengawasan dari orang tua saat anak-anak belajar daring.


Abstract


This study aims to analyze the promise and threat learning methods during online learning during the pandemic. In addition, to find out the effectiveness of using the promise and threat method in education during the COVID-19 pandemic. The research method used is a qualitative method, namely literature study and combined with case studies. The promise and threat method has similarities with the targhib wa tarhib method. Various obstacles were experienced during the online learning process, such as networks, quotas, not having a cellphone and other obstacles. In addition, learning during a pandemic like this collaboration between teachers, parents and students is absolutely necessary. If there is no good cooperation between these three components, children's online learning will be lame. This method is not appropriate to be applied during a pandemic, especially the threat method. For more effective use of this method there needs to be supervision from parents when children study online.

Published
2021-09-22
How to Cite
HABIBI, Habibi; MUJAHIDIN, Endin. Analisis terhadap metode pembelajaran janji dan ancaman pada masa pandemi. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2021. ISSN 2746-2781. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/1045>. Date accessed: 18 jan. 2022.