STUDI EMPIRIS PROGRAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TENTANG KOMPETENSI MAHASISWA FKIP

Main Article Content

Irna Sjafei

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan (1) analisis kompetensi mahasiswa untuk menentukan indikator keberhasilan dan kelemahan serta (2) menganalisis kesesuaian indikator pada lembar penilaian kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Data sekunder yang dianalisis berupa hasil penilaian praktik PPL mahasiswa Ta. 2017-2018. Hasil analisis menunjukkan bahwa di atas 50% keseluruhan kompetensi pedagogik dan profesional dengan kategori sangat baik dan baik serta 32% dinyatakan kategori cukup dan kurang. Pada kompetensi sosial dan kepribadian diperoleh 70,2% kategori sangat baik dan baik serta 29,8% dikategorikan cukup dan kurang. Penilaian yang digunakan berupa penilaian kemampuan menyususn RPP dan kemampuan mengajar, serta penilaian kompetensi sosial dan pribadi. Bentuk penilaian ini tidak memilah secara tegas yang terkait dengan empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian tetapi sebagian besar indikator mencerminkan ukuran dari ke empat kompetensi tersebut. Temuan ini memberikan masukan bahwa masih ada kemampuan mahasiswa praktikan (peserta PPL) yang dinilai cukup dan kurang dalam semua kompetensi. Oleh karena itu, kedepan perlu dilakukan kajian mendalam tentang lembar penilaian yang digunakan serta analisis dalam proses pengembangan kompetensi yang dilakukan guru pamong di sekolah mitra.

Article Details

How to Cite
SJAFEI, Irna. STUDI EMPIRIS PROGRAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TENTANG KOMPETENSI MAHASISWA FKIP. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/288>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles