HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TARUNA TERPADU 1

Main Article Content

Della Damayanti Septy Achyanadia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kecerdasan interpersonal dan hasil belajar simulasi digital peserta didik, (2) menguji kekuatan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital, (3) menguji signifikansi hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital, dan (4) menguji besar sumbangan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar simulasi digital.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Taruna Terpadu 1 kemang bogor sebanyak 185 orang. ukuran sampel penelitian sebanyak 65 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal sebagian besar peserta didik (87.69%) termasuk kategori cukup dan hasil belajar simulasi digital sebagian peserta didik (83.08%) termasuk kategori cukup, (2) kekuatan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital sebesar 0.392 berada dalam kategori rendah, (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan anatara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital (r: 0.392, ρ: 0.001); (4) sumbangan variable kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar simulasi digital peserta didik sebesar 15,3%.

Article Details

How to Cite
DAMAYANTI, Della; ACHYANADIA, Septy. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TARUNA TERPADU 1. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/287>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles