DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENEGAK DALAM KEGIATAN PENGEMBARAAN

Main Article Content

Muhammad Shiddiq Rilo Andito Dedi Supriadi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran kepramukaan di
gugusdepan terutama di pondok pesantren Darus Sa’adah. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk memudahkan pembelajaran pada
kegiatan kepramukaan terutama pada materi pengembaraan pada anggota pramuka
golongan penegak dan (2) memotivasi anggota pramuka terutama anggota pramuka
golongan penegak untuk mengikuti pendidikan kepramukaan di gugusdepannya. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model
penelitian Borg dan Gall dan dengan model pengembangan ASSURE. Hasil akhir dari
penelitian ini adalah produk media pembelajaran interaktif yang dapat dioperasikan di PC
(Personal Computer) dengan aplikasi Articulate Storyline versi 2.0, selanjutnya media diuji
coba oleh ahli konten, ahli pembelajaran, ahli media dan peserta didik dalam kelompok
kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif
mampu memudahkan pembelajaran kepramukaan dengan hasil penilaian kelompok kecil
pada isi materi bernilai 89,29%, pembelajaran bernilai 87,50% dan media bernilai 92,31%
dan (2) media pembelajaran interaktif ini layak digunakan berdasarkan hasil uji coba
media oleh para ahli dan peserta didik.

Article Details

How to Cite
ANDITO, Muhammad Shiddiq Rilo; SUPRIADI, Dedi. DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENEGAK DALAM KEGIATAN PENGEMBARAAN. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/286>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles