PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK

Main Article Content

Rina Arsanti Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA yang relevan
sesuai kebutuhan peserta didik berkesulitan belajar spesifik kelas 5 Sekolah Dasar. untuk
mengetahui kelayakan serta efektivitas media pembelajaran IPA tentang sistem peredaran
darah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain pembelajaran
model ASSURE. Kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan ditentukan
berdasarkan hasil validitas uji ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli medi.
Berdasarkan uji validitas tersebut diperoleh hasil dengan rata-rata prosentase hasil uji ahli
media 92,67% yang berarti masuk ke dalam kriteria sangat layak untuk digunakan.
Sementara skor tanggapan siswa terhadap media adalah 93% yang masuk ke dalam
kriteria sangat layak. Dalam uji efektifitas one on one diperoleh hasil dengan kriteria “baik”
dengan rata-rata presentase sebesar 83,33%. Jumlah ini berada pada rentang 76% - 85%.
Dengan demikian, media ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan
secara umum media pembelajaran IPA berbasis teknologi augmented reality ini dapat diuji
lapang dalam skala kelas yang lebih besar lagi.

Article Details

How to Cite
PALUPI, Rina Arsanti. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/284>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles