PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN

Main Article Content

Septy Achyanadia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami pokok bahasan
organisasi kehidupan sedangkan media pembelajaran yang mendukung terbatas sehingga
dibutuhkan bahan ajar yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan: 1) Tahapan pengembangan bahan ajar CAI pada Mata Pelajaran IPA
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan; dan 4) Kelayakan
bahan ajar CAI pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pokok Bahasan
Organisasi Kehidupan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
research and development (R & D) dengan menggunakan ADDIE. Model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 langkah meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi,
dan evaluasi. Secara keseluruhan persentase kelayakan bahan pembelajaran CAI
Organisasi Kehidupan sebesar 94,01%. Selain itu, berdasarkan tes hasil belajar setelah
pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahan pembelajaran CAI diperoleh data bahwa
sebanyak 100% siswa memperoleh skor kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75.

Article Details

How to Cite
ACHYANADIA, Septy. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/280>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles