PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Fahmi Awaludin Zainal Abidin Arief Maesaroh Lubis

Abstract

Penelitian ini untuk menguji perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Blended Learning dan Ekspositori, perbedaan
hasil belajar terhadap siswa bermotivasi belajar tinggi dan rendah, dan pengaruh interaksi
antara penggunaan strategi pembelajaran dengan motivasi belajar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini metode eskperimen rancangan factorial 2x2. Sampel terdiri
dari 2 kelas, 1 kelas eksperimen yaitu kelas 5B berjumlah 23 siswa dengan metode blended
learning dan kelas 5A berjumlah 23 dengan metode ekspositori. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh strategi belajar serta interaksinya untuk meningkatkan hasil belajar
dengan nilai signifikansi sebesar 0,38. Ketepatan dalam memilih strategi belajar
didapatkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,49 yakni pemilihan strategi blended learning
pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Berdasarkan perhitungan data hasil tes,
diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran blended
learning sebesar 79,3, sedangkan metode ekspositori sebesar 73,8. Hasil tersebut
menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran blended
learning lebih tinggi dibandingkan dengan ekspositori dengan selisih nilai rata-rata sebesar
5,5, hasil perhitungan analisis varian didapatkan hasil nilai Fhitung>Ftabel atau 4,596>3,199,
dan nilai signifikasi pada baris “metode*motivasi” sebesar 0,038 yang berarti menolak H0
dan menerima H1, sehingga terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan
motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Nilai t Tabel dengan nilai df
23-2=21 pada signifikansi 0,05 sebesar 2,07961. Karena t hitung> dari t tabel atau
2,256>2,07961 dan nilai signifikansi sebesar 0,03<0,05, disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan hasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas 5 yang dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran blended learning dan ekspositori pada siswa yang memiliki motivasi
tinggi, dan hasil perhitungan pada variabel independen motivasi belajar sebesar 0,49<0,05
artinya terdapat perbedaan secara siginifikan mengenai hasil belajar siswa yang
menggunakan strategi belajar ekspositori dan blended learning dengan motivasi belajar
yang rendah, artinya hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang menggunakan metode
pembelajaran blended learning baik untuk diterapkan pada kelompok siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi. Kata kunci: blended learning, ekspositori, motivasi, hasil belajar,
strategi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
AWALUDIN, Fahmi; ARIEF, Zainal Abidin; LUBIS, Maesaroh. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/279>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles