MODEL PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS IBN KHALDUN

Main Article Content

Endin Mujahidin Ruhenda .

Abstract

Salah satu kelemahan pendidikan tinggi di Indonesia adalah rendahnya publikasi karya
ilmiah mahasiswa. Salah penyebabnya adalah lemahnya budaya membaca dan menulis.
Dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara lainnya, budaya membaca dan menulis
bangsa Indonesia terbilang sangat rendah. Jika kondisi ini terjadi pada mahasiswa maka
pemimpin masa yang akan datang akan memiliki kualitas yang rendah. Oleh karena itu,
diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan karya ilmiah bagi
mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan pembelajaran pengembangan
kemampuan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa, meliputi: (1) tujuan pembelajaran,
(2) materi bahan ajar, (3) metode dan teknik pembelajaran, (4) media pembelajaran, dan
(5) evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah
research and development. Pemilihan metode ini dilakukan untuk mencari formulasi
terbaik dalam penyusunan model pembelajaran pengembangan kemampuan penulisan
karya ilmiah bagi mahasiswa. Dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa publikasi
lulusan UIKA Bogor pada jurnal ilmiah masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh
kekurangtahuan mereka tentang kewajiban publikasi ilmiah, regulasi lembaga yang
belum mengatur secara tegas kewajiban publikasi bagi lulusan dan dorongan dosen
pembimbing yang masih lemah. Sebelum penelitian dilakukan, publikasi lulusan UIKA
Bogor pada jurnal ilmiah masih sangat rendah. Akan tetapi, dengan berbagai pendekatan
dan pembuatan kebijakan, akhirnya dari bualn ke bulan, publikasi ilmiah UIKA Bogor
semakin meningkat. Dengan demikain, peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah
bagi calon lulusan dan dosen serta regulasi yang tegas dapat meningkatkan publikasi
karya ilmiah bagi mahasiswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan agar
semua perguruan tinggi memiliki regulasi yang tegas tentang kewajiban publikasi bagi
mahasiswa.

Article Details

How to Cite
MUJAHIDIN, Endin; ., Ruhenda. MODEL PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS IBN KHALDUN. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/274>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles