PEMANFAATAN LABORATORIUM ICT SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA DI SAMPOERNA SCHOOL OF EDUCATION

Main Article Content

Afif Ahmad Wiranata

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium ICT sebagai
sumber belajar oleh mahasiswa di Sampoerna School of Education Jakarta, sehingga dapat
dijadikan informasi dan sumber belajar bagi mahasiswa agar pembelajaran lebih efektif.
Penelitian ini dilakukan di Kampus Sampoerna School of Education dan waktu yang
digunakan dalam penyusunan hingga pelaporan skripsi ini adalah Oktober 2010-April
2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey
yang bertujuan untuk mendapat informasi mengenai status gejala pada saat penelitian
dilakukan, menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau keadaan. Pengumpulan
data utama dilakukan dengan teknik penyebaran angket. Sedangkan pengumpulan data
penunjang dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukna
secara umum mahasiswa SSE telah memanfaatkan laboratorium ICT sebagai mesin dan
teknologi, tutor, pengubah perilaku, semangat belajar dan memecahkan masalah belajar
meskipun belum seluruhnya karena ada mahasiswa yang menjawab jarang. Pemafaatan
laboratorium ICT sebagai sumber belajar harus ditingkatkan lagi agar dapat membantu
mahasiswa belajar sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Article Details

How to Cite
WIRANATA, Afif Ahmad. PEMANFAATAN LABORATORIUM ICT SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA DI SAMPOERNA SCHOOL OF EDUCATION. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/268>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles