KURIKULUM ANDRAGOGI PESANTREN ENTREPRENEUR: PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MAHASISWA

Main Article Content

Ahmad Habiburrohim Hendri Tanjung Budi Hendrianto

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian komprasi antara Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan
Pesantren KEPQ Nurul Hayat Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan field research, tujuannya adalah untuk membuktikan secara empiris
kemudian mengembangkan konsep dan implementasi pendidikan pesantren dalam
kaitannya dunia entrepreneur bagi mahasiswa. Melalui pendekatan konsep kurikulum yang
didasarkan pada pesantren, aspek andragogi, aspek entrepreneur, dan aspek mahasiswa,
penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan pesantren entrepreneur dapat
dikembangkan dengan mempertegas kurikulum pada 3 (tiga) dimensi, yaitu kesadaran,
keterampilan dan penilaian diri; serta memperhatikan aspek andragogi dengan
memodifikasi kurikulum melalui pembagian fokus tahun; pemberian lapangan pekerjaan
paruh waktu dan pemberian materi-praktik dengan perbandingan 30%:70%.

Article Details

How to Cite
HABIBURROHIM, Ahmad; TANJUNG, Hendri; HENDRIANTO, Budi. KURIKULUM ANDRAGOGI PESANTREN ENTREPRENEUR: PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MAHASISWA. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/266>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles