KURIKULUM PENGEMBANGAN KEMATANGAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Main Article Content

Kumala Sari Imas Kania Rahman Santi Lisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah kurikulum pengembangan kematangan
spiritual anak usia dini berbasis bimbingan dan konseling Islam. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Sumber datanya adalah data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu focus group discussion,
dengan studi dokumenter, wawancara, dan observasi. Sedangkan hasil penelitian adalah:
Pertama, bahwa kurikulum yang diaplikasikan pada Raudlatul Athfal Mutiara Bunda
adalah kurikulum Peraturan Pemerintah Tentang Kurikulum 2013 yang disesuaikan
dengan situasi dan kondisi lingkungan, serta kurikulum Kementerian Agama tahun 2016.
Kedua, Bimbingan dan konseling Islami dalam upaya mengembangkan spiritual anak usia
dini ialah membantu individu dengan berbentuk pemberian dorongan dan pendampingan
dalam belajar untuk mengembangkan potensi diri dengan harapan segala potensi yang
dikaruniakan oleh Allah bisa berkembang secara optimal. Ketiga, Adapun kurikulum
pengembangan kematangan spiritual anak usia dini berbasis bimbingan dan konseling
Islam adalah kurikulum yang mengandung ajaran-ajaran pendidikan Islam yang meliputi
dimensi rububiyah, muamalah, dan individu sosial dalam penghayatan dan pengalaman.
Kurikulum ini juga hanya bersifat penyisipan nilai-nilai agama pada kurikulum yang sudah
ada sebelumnya.

Article Details

How to Cite
SARI, Kumala; RAHMAN, Imas Kania; LISNAWATI, Santi. KURIKULUM PENGEMBANGAN KEMATANGAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI BERBASIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/265>. Date accessed: 23 june 2021.
Section
Articles