TINJAUAN TEORETIS PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA SISWA SMU

Main Article Content

Kurniati . Siti Rohayati Gun gun Gunawan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini telah menyebabkan
hampir setiap orang menggunakan handpond sebagai alat komunikasi. Adanya game
dalam hand phone atau ponsel dapat membuat orang sampai berjam-jam menonton dan
memainkan game tersebut sehingga seringkali tidak peduli dengan lingkungan yang ada di
sekitarnya. Diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebiasaan
menonton, sehingga siswa memiliki minat kuat untuk belajar dan lebih tertarik pada materi
pembelajaran karena materi pembelajaran disajikan dalam bentuk yang tidak monoton.
Salah satu media pembelajaran yang menggunakan video adalah videoscribe. yaitu
software yang dapat digunakan dalam membuat desain animasi berlayar putih dengan
sangat mudah (secara otomatis). Software ini dikembangkan tahun 2012 oleh Sparkol
(Perusahaan di Inggris). Videoscribe dikembangkan dalam Adobe Flash dan menghasilkan
film Quicktime dan video flash. Kelebihan videoscribe adalah: dapat digunakan pendidik
sebagai pengantar pembelajaran; untuk presentasi pendidik maupun peserta didik;
menyajikan materi pembelajaran dengan menarik; memberi suasan baru dalam KBM;
dapat memfokuskan perhatian siswa; dan dapat diakses dimanapun selagi ada internet

Article Details

How to Cite
., Kurniati; ROHAYATI, Siti; GUNAWAN, Gun gun. TINJAUAN TEORETIS PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA SISWA SMU. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/256>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles