UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN LATIHAN DAN UMPAN BALIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Juni Ansori

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan pada hari Senin, 18
Desember 2017 pukul 12. 37 WIB, setelah melaksanakan salat Zuhur berjamaah
bersama para siswa SMA Future Gate di masjid sekolah pada beberapa siswa kelas
X-IPS, maka didapatkan dari hasil wawancara tersebut bahwa masih rendahnya
partisipasi belajar siswa dan umpan balik dari guru pada pembelajaran fikih
terutama pada siswa kelas X IPS. Karena proses pembelajaran fikih di kelas X IPS
selama ini dirasakan oleh siswa cenderung membosankan dengan gaya mengajar
yang masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan partisipasi siswa dalam
pembelajaran pun menjadi sangat kurang. Oleh karena partisipasi siswa yang
kurang tersebut, siswa lama-kelamaan menjadi bosan. Hal inilah menyebabkan
aktivitas belajar siswa rendah, kurang kreatif, dan kritis dalam proses
pembelajaran fikih.

Article Details

How to Cite
ANSORI, Juni. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN LATIHAN DAN UMPAN BALIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/245>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles