PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN PEMILIHAN KONTEN BAHAN AJAR MULTIMEDIA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Kurniati . Ita Yusnita Ramdhan Sukrilah

Abstract

Multimedia dengan karakteristik yang dimiliki, dapat mengembangkan apapun konten pembelajaran. Untuk itu, diasumsikan multimedia pembelajaran mampu memberikan kebermanfaatan yang sangat tinggi kepada guru sebagai alat bantu pembelajaran, termasuk untuk pembelajaran anak usia dini. Penguasaan guru dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh sekali kepada penguasaan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Karena media pembelajaran yang dikembangkan saat ini sudah banyak yang berbasis TIK, oleh sebab itu kemampuan guru dalam menggunakan perangkat TIK ini sangat penting sekali. Efektif tidaknya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAUD bagi proses tumbuh kembang anak usia dini mutlak menjadi pertimbangan para guru sebelum menentukan untuk memilih jenis perangkat yang tepat. Oleh sebab itu, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di PAUD, perlu dirancang, direncanakan, dilaksanakan, dan selalu dievaluasi dari waktu ke waktu, agar pamanfaatan TIK dalam pembelajaran di PAUD dapat benar-benar optimal. Permasalahan yang terdapat di PAUD sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru di PAUD dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menyusun media pembelajaran berbasis multimedia dan bagaimana memilih konten yang sesuai untuk dikembangkan melalui multimedia dalam pembelajaran di PAUD. Oleh karena itu
diperlukan pengetahuan tentang pemanfaatan multimedia dan pemilihan konten bahan ajar multi media yang tepat untuk pembelajaran anak usia dini.

Article Details

How to Cite
., Kurniati; YUSNITA, Ita; SUKRILAH, Ramdhan. PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN PEMILIHAN KONTEN BAHAN AJAR MULTIMEDIA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, dec. 2018. ISSN 2654-3192. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/237>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles