PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS II SDIT INSANTAMA BOGOR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS II SDIT INSANTAMA BOGOR

Main Article Content

Arie Susanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) perbedaan hasil belajar IPA, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD, 2) Pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan partisipasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA, 3) perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki partisipasi belajar tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi daripada yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD, 4) Perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki partisipasi belajar rendah, yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Hasil Belajar IPA (variabel Y), model pembelajaran (variabel X1), partisipasi belajar siswa (variabel X2). Untuk pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey dan uji T Test. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas dengan uji Kolmogorof Smirnov dan pengujian Homogenitas menggunakan uji Levene. Hasil penelitian menunjukkan Pertama: Terdapat perbedaan hasil belajar IPA, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw (18,90) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD (17,57), Fhitung 6,426 > Ftabel 4,01. Kedua terdapat pengaruh interaksi antara Model pembelajaran dan partisipasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Fhitung = 23,197 > Ftabel 4.01. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki partisipasi belajar tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih tinggi daripada yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD A1B1 = 21,87, A2B1 = 18,00. Thitung 38,949, Ttabel 1,701. Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki partisipasi belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. A1B2 = 15,933, A2B2 = 17,133, Thitung 43,194 > Ttabel 1,701.

Article Details

How to Cite
SUSANTO, Arie. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS II SDIT INSANTAMA BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 56-65, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/99>. Date accessed: 03 june 2020.
Section
Articles