MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS PADA SENTRA BERMAIN PERAN DI TK. ANGELINE BOGOR MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS PADA SENTRA BERMAIN PERAN DI TK. ANGELINE BOGOR

Main Article Content

Ana Ratnasari Muktiono Waspodo

Abstract

Kemampuan sosial emosional mempunyai peranan penting dalam perkembangan anak. Ragam aktivitas dalam rangka bermain di sekolah menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Rendahnya rata-rata kemampuan sosial emosional yang ditunjukkan pada semester ini menjadi latar belakang dilakukan penelitian. Jenis Penelitian ini adalah tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan membantu guru dalam memecahkan masalah yang ada yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui aktivitas pada sentra bermain peran. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan empat rangkaian kegiatan yang dilakukan pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan pada kemampuan sosial emosional anak melalui aktivitas pada sentra bermain peran. Capaian peningkatan kemampuan sosial emosional pada siklus I, yaitu rata-rata 38,49% meningkat dari rata-rata prasiklus 30,56%, sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan siswa berada pada nilai 71,43% dan terakhir pada siklus III meningkat lagi pada nilai rata-rata sebesar 93,25%. Untuk kriteria pencapaian rata-rata ini menunjukkan pada kriteria berkembang sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah aktivitas pada sentra bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A TK. Angeline Bogor

Article Details

How to Cite
RATNASARI, Ana; WASPODO, Muktiono. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS PADA SENTRA BERMAIN PERAN DI TK. ANGELINE BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 46-55, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/98>. Date accessed: 05 aug. 2020.
Section
Articles