PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSANTAMA DI KECAMATAN BOGOR BARAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSANTAMA DI KECAMATAN BOGOR BARAT

Main Article Content

Adi Fadjar Nugroho

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar pendidikan matematika berbasis multimedia dan untuk mengetahui efektifitas produk tersebut. Desain penelitian menggunakan desain Research and Development (R&D) model Borg dan Gall yang dipadu dengan desain pengembangan sumber belajar mengikuti langkah-langkah Dick and Carey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Insantama Kota Bogor. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel diambil 4 kelas, yaitu kelas IV A untuk kelas eksperimen dan kelas IV B, IV C, dan IV D untuk kelas kontrol. Pertimbangan pengambilan sampel tersebut adalah keempat kelas tersebut mempunyai prestasi belajar yang relatif sama. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) uji ahli materi pelajaran matematika berada pada kualifikasi baik (78,12%), (2) uji ahli pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (96,42%), (3) uji ahli media berada pada kualifikasi sangat baik (86,07%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,66%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (94,14%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,85%). Dengan menggunakan Uji T independent didapati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media bahan ajar pendidikan matematika berbasis multimedia di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama interaktif dengan media pembelajaran konvensional. Uji T independent antara kelas 4A dan 4B adalah 2.60 masih di atas T tabel 2.0003. Uji T independent antara kelas 4A dan 4C adalah 2.651 masih di atas T tabel 2.0003. Uji T independent antara kelas 4A dan 4D adalah 2.077 masih di atas T tabel 2.0003. Pada uji ketuntasan klasikal terlihat bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media bahan ajar pendidikan Matematika berbasis multimedia di kelas IV sebesar 81% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional sebesar 57 %.

Article Details

How to Cite
NUGROHO, Adi Fadjar. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSANTAMA DI KECAMATAN BOGOR BARAT. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 10-24, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/96>. Date accessed: 03 june 2020.
Section
Articles