PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PERENCANAAN SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PERENCANAAN SISTEM INFORMASI

Main Article Content

Mohammad Muhyidin Nurzaelani

Abstract

Penelitian ini didasari pada hasil pengamatan yang dilakukan pada pembelajaran mata kuliah Strategi Perencanaan Sistem Informasi, dimana saat ini pembelajaran dirasa tidak optimal karena karena dosen lebih banyak menggunakan metode ceramah secara klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran Strategi Perencanaan Sistem Informasi yang memiliki kualitas tampilan, kualitas penyajian materi, dan kualitas interaksi dengan pengguna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and development) yang berorientasi pada produk. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan desain pembelajaran Smith dan Ragan. hasil penelitian atau evaluasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran Strategi Perencanaan Sistem Informasi memiliki kualitas tampilan yang sangat baik dimana rata-rata skor di atas skor median yaitu 3.5, kualitas penyajian materi juga dinilai sangat sesuai dimana rata-rata skor di atas skor median yaitu 3.5. Hal ini memperlihatkan bahwa rancangan pembelajaran CD-Belajar “Internet, E-Commerce dan E-Business” cukup efektif membantu pemahaman materi, dan interaksi multimedia interaktif dengan pengguna juga memiliki kualitas yang baik yaitu rata-rata skor di atas skor median yaitu 3.8. Interaksi antara pemakai (user) dan program sudah cukup baik dan telah berjalan sesuai rancangan dan pengguna merasakan kemudahan dalam menjalankan multimedia interaktif.

Article Details

How to Cite
NURZAELANI, Mohammad Muhyidin. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PERENCANAAN SISTEM INFORMASI. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 237-263, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/118>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles