PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Rina Herlina

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris menekankan pada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Hal ini mengindikasikan bahwa belajar Bahasa Inggris bukan saja belajar kosakata dan tata bahasa dalam arti pengetahuannya, tetapi harus berupaya menggunakan atau mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kegiatan komunikasi. Agar peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik maka dibutuhkan upaya – upaya dalam pembelajaran bahasa inggris. Salah satunya dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian untuk menganalisis secara empiris apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Bahasa Inggris di MTs Nurul Falah Ciater Serpong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pada rancangan ini, ada kelompok eksperimen dan ada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan X1 dan pada kelompok kontrol tidak dikenai perlakuan. Dan pada akhir penelitian kedua kelompok dikenai posttest. Pemilihan subjek ke dalam kedua kelompok yang dikenai eksperimen menggunakan proses randomisasi. Dengan begitu, sesuai dengan asumsi randomisasi, kedua kelompok yang dikenai eksperimen adalah ekuivalen (hampir sama). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Bahasa Inggris di MTs Nurul Falah Ciater Serpong

Article Details

How to Cite
HERLINA, Rina. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 222-229, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/116>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles