PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X

Main Article Content

Ria Rizki Agustini

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kejenuhan siswa dalam belajar serta masih adanya nilai PPKn siswa yang di bawah KKM, sehingga perlu adanya strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan hasil belajar PPKn Siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD dan strategi pembelajaran Ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Eksperimen dengan rancangan Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari 2 kelas, satu kelas eksperimen yaitu kelas X.2 berjumlah 22 siswa, satu kelas kontrol yaitu kelas X.1 berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferinsial yang menggunakan teknik Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan bantuan SPSS 23. Hasil dan kesimpulan penelitian diperoleh Hasil belajar PPKn menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Nilai Fhitung dan sig. sebesar 4,627 dan 0,038. Nilai Ftabel pada signifikansi 0,05 sebesar 4,07. Nilai Fhitung>Ftabel atau 4,627 > 4,07, dan nilai sig. 0,038 <0,05;

Article Details

How to Cite
AGUSTINI, Ria Rizki. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 213-221, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/115>. Date accessed: 05 aug. 2020.
Section
Articles