PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ONLINE DAN CD INTERAKTIF SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ONLINE DAN CD INTERAKTIF SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Nurfitria . Yanuardi .

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kejenuhan siswa dalam belajar serta masih adanya nilai Matematika siswa yang di bawah KKM, sehingga perlu adanya Media yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan hasil belajar Matematika Siswa yang dibelajarkan dengan Media pembelajaran Aplikasi Online dan pembelajaran CD Interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Eksperimen dengan rancangan Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari 4 kelas, dua kelas eksperimen yaitu kelas IXF & IXG. berjumlah 72 siswa, dua kelas kontrol yaitu kelas IXD & IXC berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferinsial yang menggunakan teknik Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan bantuan SPSS 22. Hasil dan kesimpulan penelitian diperoleh Hasil belajar Matematika menggunakan Media pembelajaran Aplikasi Online lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran CD Interaktif. Nilai Fhitung dan sig. sebesar 84,320 dan 0,000. Nilai Ftabel pada signifikansi 0,050 sebesar 3,120. Nilai Fhitung>Ftabel atau 84,320>3,120, dan nilai sig. 0,000<0,050;

Article Details

How to Cite
., Nurfitria; ., Yanuardi. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ONLINE DAN CD INTERAKTIF SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 202-212, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/114>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles