PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SAPTA MARGA CIBINONG PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SAPTA MARGA CIBINONG

Main Article Content

Musmaryetti .

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang dapat membantu siswa mencari tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, namun dalam pengembangan proses pembelajaran yang terjadi terutama dalam pembelajaran IPS adalah memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Akibatnya proses belajar cenderung membosankan dan menjadikan siswa malas sehingga minat belajar menjadi menurun yang berakibat kepada hasil belajar yang tidak mencapai KKM. Dalam upaya untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut diatas, maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Sapta Marga Cibinong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiments dengan desain posttest-only control group design. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kondisi fisik wilayah Indonesia. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Sapta Marga Cibinong.

Article Details

How to Cite
., Musmaryetti. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SAPTA MARGA CIBINONG. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 185-192, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/112>. Date accessed: 03 june 2020.
Section
Articles