EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR

Main Article Content

Jeffry Assa Jannatan T. A. Madjid

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi terutama dalam bidang komunikasi berupa munculnya ponsel pintar membuat semakin mudahnya informasi didapatkan. Dengan harga yang terjangkau, membuat smartphone banyak dimiliki oleh setiap orang begitupun dengan pelajar. Dalam dunia pendidikan pemanfaatan smartphone dalam proses belajar menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran sukses. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, adapun desain pada penelitian ini adalah menggunakan one group pretest posttest design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif kuantitatif dengan uji-t berpasangan (paired t-test). Data dalam penelitian ini diambil menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil hipotesis penelitian berdasarkan perhitungan hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t berpasangan (paired t-test) menggunakan SPSS, dengan taraf kebenaran 95% diperoleh hasil nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI

Article Details

How to Cite
JANNATAN, Jeffry Assa; MADJID, T. A.. EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 149-157, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/109>. Date accessed: 03 june 2020.
Section
Articles