PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP PGRI GUNUNG PICUNG PAMIJAHAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP PGRI GUNUNG PICUNG PAMIJAHAN

Main Article Content

Euis Hendrayani

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru dituntut memiliki strategi agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien, dapat mencapai sasaran yang diharapkan. Dalam teknik penyajian materi pembelajaran, guru perlu menguasai metode dan strategi pembelajaran serta mampu memahami psikologi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PKn di SMP PGRI Gunung Picung Pamijahan. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dibutuhkan seperangkat strategi sebagai alternative yang bisa memberikan kesempatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan hasil belajar. Strategi pembelajaran yang biasa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran konvensional di mana seorang guru membuat semua keputusan sedangkan peserta didik pasif dalam menerima materi pembelajaran. Strategi lain seperti inkuiry dapat diterapkan di mana peserta didik memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan pikirannya untuk membuat keputusan-keputusan mengenai apa, bagaimana dan kapan sesuatu dapat dipelajari dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiments dengan desain posttest-only control group design. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan materi Ketaatan Peraturan Perundang-undangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMP PGRI Gn. Picung Pamijahan

Article Details

How to Cite
HENDRAYANI, Euis. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP PGRI GUNUNG PICUNG PAMIJAHAN. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 134-140, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/107>. Date accessed: 03 june 2020.
Section
Articles