PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR

Main Article Content

Erni Rohmawati Zainal Abidin Arief

Abstract

Mata pelajaran Administrasi Transaksi menekankan kepada penguasaan pengaplikasian siswa dari materi yang diajarkan. Karena peralatan praktek yaitu mesin kasir/mesin cash register jumlahnya belum seimbang dengan jumlah siswa, maka diperlukan pengembangan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk merangsang agar dalam proses pembelajaran siswa lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis secara empiris apakah terdapat pengaruh video tutorial terhadap hasil belajar Administrasi Transaksi di SMK Pembangunan Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan secara acak dengan tes akhir dan kelompok control (The randomized posttest only control group design). Pada rancangan ini, ada kelompok eksperimen dan ada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan X1 dan pada kelompok kontrol tidak dikenai perlakuan. Dan pada akhir penelitian kedua kelompok dikenai posttest. Pemilihan subjek ke dalam kedua kelompok yang dikenai eksperimen menggunakan proses randomisasi. Dengan begitu, sesuai dengan asumsi randomisasi, kedua kelompok yang dikenai eksperimen adalah ekuivalen (hampir sama). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil Administrasi Transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh video tutorial terhadap hasil belajar Administrasi Transaksi di SMK Pembangunan Kota Bogor.

Article Details

How to Cite
ROHMAWATI, Erni; ARIEF, Zainal Abidin. PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 124-133, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/106>. Date accessed: 05 aug. 2020.
Section
Articles