PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDIT INSANTAMA BOGOR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDIT INSANTAMA BOGOR

Main Article Content

Diki Arta Damiki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) perbedaan hasil belajar IPA, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD 2) Pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar IPA, 3) perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki percaya diri tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif model TPS (lebih tinggi daripada yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 4) Perbedaan hasil belajar IPA, bagi siswa yang memiliki percaya diri rendah, yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif model TPS lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan moel pembelajaran kooperatif tipe STAD. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah, variabel Y digunakan Hasil Belajar IPA, sedangkan variabel X1 model pembelajaran, untuk variabel X2 adalah percaya diri siswa. Untuk pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey dan uji T Test. Pengujian persyaratan statistic meliputi pengujian normalitas dengan uji Kolmogorof Smirnov dan pengujian Homogenitas menggunakan uji Levene. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, memiliki hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Fhitung 4,385 > Ftabel 4,01. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan percaya diri terhadap hasil belajar IPA. Fhitung = 11,975 > Ftabel 4.01. Ketiga, Siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki hasil yang lebih Tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, A1B1 = 24,46 A2B1 = 23,73. Thitung 35,491, Ttabel 1,701. Keempat, Siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah, yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki hasil belajar yang lebih rendah dari siswayang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. A1B2 = 21,2, A2B2 = 21,8, Thitung 53,711 > Ttabel 1,701.

Article Details

How to Cite
DAMIKI, Diki Arta. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDIT INSANTAMA BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 98-107, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/103>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles