HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN PARTISIPASI BELAJAR DENGAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP IT INSANTAMA HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN PARTISIPASI BELAJAR DENGAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP IT INSANTAMA

Main Article Content

Dian Arini

Abstract

Penelitian penelitian korelasional ini bertujuan memperoleh informasi mengenai hubungan antara kecerdasan logis matematis dan partisipasi belajar dengan hasil belajar IPA (Fisika) siswa SMP. Masalah dalam penelitian ini: apakah terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan logis Matematis dan partisipasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP? Penelitian ini menggunakan metode ex-postfacto correlational. Sampel dalam penelitian 114 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data melalui tes hasil belajar IPA (Fisika), tes kecerdasan logis Matematis, dan angket partisipasi belajar. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Teknik deskriptif berupa mean, median, standar deviasi, dan modus. Teknik inferensial yang digunakan korelasi Pearson Product Moment dilanjutkan regresi tunggal, korelasi ganda, korelasi parsial, Uji-t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai mean kecerdasan logis Matematis partisipasi belajar, dan hasil belajar 69,64, 73,74, dan 69,64. Median kecerdasan logis matematis, partisipasi belajar, dan hasil belajar adalah 75, 85.78, dan 52. Modus kecerdasan logis matematis, partisipasi belajar, dan hasil belajar 78.57, 85.78, dan 52. Sedangkan standar deviasinya adalah 4.30, 20.36, dan 5.24. Kecerdasan logis Matematis berkorelasi secara signifikan dengan hasil belajar IPA (Fisika) siswa SMP, dengan nilai koefisien korelasi 0.417, nilai Fhitung (4.858) > Ftabel taraf 0.05 (1.981), korelasi ini terkategori sedang, Ŷ = 2,887 + 0,508X1. Pengaruh kecerdasan logis Matematis terhadap hasil belajar adalah sebesar 17.4%. Partisipasi belajar berkorelasi signifikan dengan hasil belajar, dengan nilai koefisien korelasi 0.633, nilai Fhitung (8.664) > Ftabel 0.05 (1.981). korelasi ini terkategori kuat, Ŷ = -14,244 + 0,163X2. Pengaruh partisipasi belajar terhadap hasil belajar 40.1%. Kecerdasan logis Matematis dan partisipasi belajar secara bersama-sama berkorelasi signifikan dengan hasil belajar, dengan koefisien korelasi 0.672, korelasi terkategori sangat signifikan, nilai Fhitung (45.773) < Ftabel 0.01 (6.867), Ŷ = -16,626+ 0,290X1 + 0,143X2. Pengaruh kecerdasan logis Matematis dan partisipasi belajar secara bersama-sama berkontribusi 45.20% terhadap hasil belajar. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar IPA, antara partiisipasi belajar dengan hasil belajar IPA, dan antara kecerdasan logis matematis dan partisipasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA.

Article Details

How to Cite
ARINI, Dian. HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN PARTISIPASI BELAJAR DENGAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP IT INSANTAMA. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 87-97, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/102>. Date accessed: 05 aug. 2020.
Section
Articles