PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

Chandra Gumelar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) perbedaan hasil belajar IPS, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak, 2) pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran audiovisual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, 3) perbedaan hasil belajar IPS, bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak, 4) perbedaan hasil belajar IPS, bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah, variabel Y digunakan Hasil Belajar IPS, sedangkan variabel X1 media pembelajaran, untuk variabel X2 adalah motivasi belajar siswa. Untuk pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur kemudian dilanjutkan dengan uji T Test. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas dengan uji Saphiro Wilk dan pengujian Homogenitas menggunakan uji Levene.
Hasil penelitian menunjukkan Pertama: Terdapat perbedaan hasil belajar IPS, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual (15,11) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak (13,79), Fhitung 6,545 > Ftabel 4,02. Kedua terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Fhitung = 24,102 > Ftabel 4.02. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPS, bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak A1B1 = 18,07, A2B1 = 14,21. Thitung 31,274, Ttabel 1,705. Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPS, bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran media cetak. A1B2 = 12,14 A2B2 = 13,36, Thitung 33,851 > Ttabel 1,705.

Article Details

How to Cite
GUMELAR, Chandra. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 77-86, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/101>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles