HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP DI BIMBINGAN BELAJAR BINTANG PELAJAR HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP DI BIMBINGAN BELAJAR BINTANG PELAJAR

Main Article Content

Bukit Adhinugraha Ruhenda .

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi guru bidang studi Matematika SMP di bimbingan belajar Bintang Pelajar. Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan kompetensi guru adalah motivasi berprestasi guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis korelasional. Sampel penelitian ini terdiri dari 50 orang guru Matematika SMP Bintang Pelajar yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner.
Berdasar hasil pengolahan data, diperoleh Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Guru, memiliki koefisien korelasi 0,576, koefisien determinasi 0,332 dan persamaan regresi Ŷ = 43,290 + 0,429 X. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Guru, yaitu semakin tinggi Motivasi Berprestasi guru, maka semakin tinggi pula Kompetensi Gurunya

Article Details

How to Cite
ADHINUGRAHA, Bukit; ., Ruhenda. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP DI BIMBINGAN BELAJAR BINTANG PELAJAR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 66-76, july 2018. ISSN 2620-8008. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/100>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles