Konsep Pendidikan Entrepreneur Prof. Ganefri, Ph.D: Refleksi Implementatif Pada Pendidikan Mahasiswa Pesantren-Entrepreneur

Main Article Content

Ahmad Habiburrohim Hendri Tanjung Budi Hendrianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep entrepreneur dilihat dari perspektif pedagogi oleh Prof. Ganefri, Ph.D dan Dr. Hendra Hidayat, S.Pd., M.Pd. pada buku perspektif Pedagogi Entreprenership di Pendidikan Tinggi. Tujuan lain yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan entreprenenur pada konteks pendidikan mahasiswa di pesantren. Penelitian ini ingin membahas bagaimana terapan konsep pendidikan entrepreneur yang disesuaikan dengan Pendidikan Orang Dewasa (POD) yaitu maha-santri, juga konsep pendidikan pesantren, sehingga lahirlah konsep baru pendidikah pesantren yang diberi nama pesantren-entrepreneur mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan library research, yaitu dengan meneliti sumber primer dan sumber sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada tiga tahapan dalam pendidikan entrepreneur, yaitu : (1) Proses penyadaran, (2) Proses keterampilan entrepreneur, dan (3) Keterampilan evaluasi diri. Implementasinya konsep pendidikan entrepreneur pada santri-mahasiswa adalah dengan pendekatan andragogi yaitu melalui metode pengamatan langsung, preaktek langsung, dan studi kasus. Implementasinya pendidikan entrepreneur mempertimbangkan pendidikan kampus, pendidikan kepesantrenan dari sisi waktu, beban materi, dan kebutuhan lainnya sehingga dapat keseimbangan kurikulum.

Article Details

How to Cite
HABIBURROHIM, Ahmad; TANJUNG, Hendri; HENDRIANTO, Budi. Konsep Pendidikan Entrepreneur Prof. Ganefri, Ph.D: Refleksi Implementatif Pada Pendidikan Mahasiswa Pesantren-Entrepreneur. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], dec. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/235>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles